Laman

Entri Populer

18 Mei 2009

FM Antenna











Banyak orang menggunakan antenna model seperti gambar disamping (merk sira dan kathrein), kalau saya kurang mantap, karena kalau kita menngunakan 1 bay saja gain sebesar -1.5dB, 2 bay baru 1.5dB. Untuk VSWR juga tidak terlalu rata (broad band nya kurang ok) anda bisa lihat di grafik untuk vswr <1.4 itu paling besar, paling kecil 1:1 itu juga di frekuensi tertentu ya, kalau mau ya kita match lagi itu antenna.menurut saya antenna ini untuk broad band kurang mantap!

84 komentar:

  1. mas,
    biar cocok dengan artikel dan pertanyaannya saya, nanyanya disini aja ya...
    >>oke jika jarak antenna sudah saya tentu 2,6 meter dan antenna yang akan dipasang 6 bay pada frekuensi 94,9mhz berapa panjang kabel jumper minimal dan apakah panjang kabel jumper harus sama panjang tiap antenna?

    >>saya coba antenna 6 bay,masing masing penjang jumper berbeda. untuk antena 1 dan 6 panjang jumper 9 meter dan untuk antenna 2 dan 5 panjang jumper 5,5 meter dan untuk antena 3 dan 4 panjang jumper 4,5 meter.

    >>hasil pengukuran swr antena 1 dan 6 bagus, dari fek-94,6 ~ 95,4 swr tertinggi 1:1,1 dan pada frek-94,8 ~ 95,2 swr 1:1,0

    >>hasil pengukuran swr antena 2,3,4,5 sangat sempit. pada frek-94,8 dan 95,1 swr 1:1,1 dan pada frek- 94,9 1:1,05

    >>lalu saya coba pasang devider 6 bay dan hasilnya swr 1:1,0 pada frek-94,5 grafik swrnya si bagus(bentuk kurva) dan pada frek-94,9 swr 1:1,1.... dan saya coba tune antena dengan memendekan stub bagian ke atas dan kebawah antena hasilnya bisa swr 1:1,0 94,9......dan yang ingin saya tanyakan apakah berkerja dengan baik antenna ini?

    >>apakah panjang kabel jumper sangat menentukan bagusnya grafik swr?

    >>antenna broad band yang bagus dan dapat dirakit kira-kira jenis apa?


    trims,


    Zihan.

    BalasHapus
  2. * Untuk kabel jumper memang panjangnya berbeda-beda tapi untuk perbedaannya tidak terlalu signifikan, hanya beberapa cm saja (tergantung frekuensi pemancar), untuk lebih gampangnya coba bikin kabel jumper 1,5 lamda, karena 2,6 diambil rata-rata dari 1 lamda, kalau kita bikin 1/4 atau 1/2 lamda jarak antenna per bay tidak 2.6 meter lagi bukan..?malah jadi pendek lagi jarak perbay nya. Untuk minimal kabel jumper biasanya 1/4 lamda atau 1/2 lamda
    * Untuk antenna anda saya kira sudah bagus karena sudah 1:1,0 atau mendekati. Yang penting total nilai bswr dari antenna (6 bay sudah 1:1 untuk VSWR nya)
    * Mas Zihan untuk kabel jumper ada sedikit pengaruhnya tetapi kurang begitu berpengaruh pada grafik antenna (menurut saya ya soalnya sudah saya ukur-ukur kok ya sama saja di spectrum, tetep di bawah 26 db) yang berperan penting antenna dan jenis bahan antenna
    * Antenna broadband yang bagus dan dapat dirakit sendiri, bikin saja antenna yang model panel, modelnya antenna dipole (bahan staenliss steel) sedangkan reflectornya pakai galvanized steel.
    semoga membantu
    trims

    BalasHapus
  3. mas,
    coba tolong hitungkan panjang jumper antenna 6 bay
    saya menggunakan antena single ring bahan pipa 5/8' diameter 30cm,staenliss steel dengan jarak antena ketower 1 meter dan tinggi tower 50 meter........

    >>Jika Jarak per-bay 300/94,9 x 0,85 =2,67 meter berapakah panjang masing-masing jumper 1 s/d 6 ?

    >>kalau selain antena panel ada tidak, soalnya kita towernya segitiga besi beton itu.

    >>saya penah coba antena 4 bay model dipole gamma match dengan power 50 watt bisa tembus 45 km namun setelah saya coba antena baru single ring 4 bay hasilnya buruk sekali hanya tembus 15 km pada hal swr 1.1,06 sama dengan antenna dipole dimana letak kesalahannya mas?

    >>makanya mas saya coba antena single ring ini menjadi 6 bay dengan tx 50watt, hasilnya masih sangat mengecewakan dibanding dipole 4 bay itu.
    dimana letak kesalahannya mas?

    >>untuk bahan devidernya ketika 4 bay pakai pipa tembaga in&out sementara bahan 6 bay in tembaga & out staenliss steel, kebetulan didaerah saya kesulitan mencari tembaga diatas 1 inchi, apakah ada yang salah dengan devider saya?

    trims,


    Zihan.

    BalasHapus
  4. * Coba di bikin rata saja kabel jumpernya di 1,5 lamda atau sekitar 4 meter

    * Pakai saja model antenna dipole (seperti gamma match, karena power pemancar anda hanya 50W)

    * Gama match vs single circular lebih baik gama match nya, kemungkinan gain antenna circular anda yg kecil dan Apabila devider yang anda pakai sama itu saja ya...(Apabila VSWR gama match dan single circular sama sama 1:1)
    sebagai catatan ; setiap antenna berbeda-beda patern antenna nya, ini berpengaruh pada pola pancaran dari suatu pemancar.

    * 4 bay lebih bagus di banding 6 bay bagaimana perbandingan VSWR keduanya? antara 4 atau 6 bay?? kalau misalnya sama saja, kemungkinan di devider anda yang terlalu banyak meredam dari daya pemancar anda.Kalau saya mending full pakai jenis tembaga semuanya tinggal luarnya di lapisi dari stainlis steal (hasil lebih bagus). Untuk memaksimalkan antenna anda sebaiknya pakai fine matcher (untuk memperbaiki RL dari loss dari antenna, misal vswr anda sudah 1:1 akan bisa lebih baik lagi kalau ada fine matcher itu)

    coba dulu mas bagaimana hasilnya
    tetap semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. antenna 6 bay jarak per bay sudah ketemu 2.67 meter...sedangkan untuk kabel jumper 1,5 lamda ato sekitar 4 meter pada masing2 antena..sedangkan jarak antenna per bay 2,67 klo katakanlah kita ambil 2 bay atas saja sudah 2.67 X 2 = 5.34 meter itu baru 2 bay klo 3 bay 2.67 X 3=8.01 meter..biasanya kan PD di taruh di posisi tengah tuh ..6bay / 2 = 3 ketemu jarak sudah 8,01 meter ,berarti dari PD ke bay pertama ya sekitar 8 meter itu kan seharusnya ..gimana tuh mas ..??mohon koreksi..

      Hapus
  5. mas,
    >>saya punya pa kit bw in 1 watt out 300 watt yang pakai 2 transistor.
    >>saya sudah coba memberi input 3 watt pada t2 namun sama sekali tidak berkerja, apakah rusak blf saya?
    >>bagaimana cara mengukur blf278?
    >>T1 dan T2 blf278, masalahnya T1 rusak bisa tolong carikan no.VN66AF atau IRF510

    trims,
    zihan

    BalasHapus
  6. mas coba diperhatikan lagi untuk input PA tersebut berapa? input terlalu besar juga tidak baik, nanti malah over drive (bisa mengakibatkan jebolnya transistor atau malah turunnya power PA tersebut. Apabila input sudah sesuai, untu model PA jenis psh pull.coba di cek tegangan biasnya atau Drainnya. sudah pas belum? kemudian cek capasitor trimer atau vr yang di input pada transisitor, vr masih ok tidak.
    * cara mengukur mos, anda bisa googling saja langsung.
    * mencarikan VN66AF atau IRF 510 maksudnya apa ya??

    BalasHapus
  7. MAS,
    >>transistor T1 pada pa BW 300watt (pa rf bw model in 1 watt out 300w yang mengunakan 2 transistor T1 no.VN66af dan T2 Blf278)
    >>untuk T1 VN66AF menggunakan Bias sedangkan Pada T2 BLF278 tidak menggunakan bias (class C).
    >>googling maksudnya? apa bisa multimeter analog atau digital?
    >>Jika Pa Rf Blf278 menggunakan Class C maksimal input berapa watt?
    >>saya coba langsung ke balun blf278 dengan input 4 watt masih belum ada tanda-tanda blf berkerja dan saya cek watt diswr 0,juga saya pegang blf278 dingin. saya tidak berani naikkan input lebih dari 4 watt takut jebol.
    >>saya coba buka blf dan ukur kaki G D S , hasil pengukuran S (kbl test hitam) D (kbl test merah) jarum multi bergerak dan ketika di balik kabel test, jarum tidak bergerak.
    >>sedangkan G ke S atau D ke G sama sekali jarum tidak bergerak.

    trims

    Zihan.

    BalasHapus
  8. bang toil,punya gambar cetak pcb swr protect?
    saya mau coba buat agar aman pa rf saya
    kirim ke mail : siantarfm@rocketmail.com

    trims,

    Siantar Fm

    BalasHapus
  9. sepertinya ada di jakarta tapi yang sudah jadi, nanti saya coba cari lagi print outnya, berhubung lagi di luar kota nih

    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas kalau mau pasang antena frek 93,4 antena doble ring, 4bay..berapa jarak antara antena 1 ke antena 2..

      Hapus
  10. terimakasih bang toil, di tunggu kirimannaya.

    Siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  11. maaf mas boleh saya nanya? untuk antena jenis sira/jampro bahan yg dipake penghubung dari konektor input ke dipole pake apanya? trs panjangnya berapa? thank's....!

    BalasHapus
  12. Oh ya mas kalo bisa kirim skema lengkap pembuatan antena ke email: primada104fm@gmail.com.

    BalasHapus
  13. Siantarfm skema sudah saya kirim, semoga membantu.
    For Prima jenis bahan yg di gunakan adalah jenis perak yang di lapisi bahan stainlees steel dan bahan dari jenis kuningan. Sedangkan untuk plat (yang dari konektor ke dipole menggunakan bahan dari perak). Untuk panjang dari antenna sira adalah 1/4 lamda dari frekuensi 87.5 - 104 MHz dan 1/4 lamda dari frekuensi 94 - 108 MHz (untuk broad band-nya)

    thanks

    BalasHapus
  14. mas,pola pcb swr kok enggak sekalian, nanggung nih...

    boleh dong saya minta juga skema antena sira/jampro ?
    saya ada coba membuat pada frek 98 dengan bahan pipa tembaga 3/4,1/4lamda panjang 76cm untuk dipole dan bomm 1" panjang 1500cm dengan derjat 90 dan 45. untuk jarak antar dipole 70cm dan saya coba membuat kabel dari luar bomm.
    hasilnya swr hanya 1.1,7 tidak bisa lagi.
    mas,kiat membuat mentune antena sira/jampro?

    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  15. Cara matching antenna seperti jenis di atas (sira atau kathrein maupun jampro) cukup dengan menggeser feed point-nya. Kalau masih kurang puas atau ingin lebih baik, Tambahin saja dengan fine matcher.
    Skema antenna sira ya? ya nanti coba saya cari ya hehe..

    BalasHapus
  16. mas, apaan fine mathe? pasti alat mahal ya? yang jelas untuk saya nggak kuat beli,mendingan aku tunggui skemanya aja, moga aja mas toil bagi pengalamannya lagi nih

    Siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  17. fungsi Fine matcher itu untuk menyelaraskan impedansi antenna menjadi 50 ohm. atau untuk memperbaiki kecacatan kabel maupun antenna yg kurang sempurna. Harganya memang mahal mas hehe..kalau antenna broadcast mulai dari tv ataupun radio kebanyakan menggunakan 1/4 atau 1/2 lamda jenisny dipole, hanya modelnya yg berbeda-beda.
    thanks

    BalasHapus
  18. jadi , antena yang cocok untuk broadband yang seprti apa?

    BalasHapus
  19. Apakah gain bertambah jika kita menggunakn antena 2X5/8 lambda 2 bay atau lebih .untuk broadcast?
    mohon jawabannya.

    BalasHapus
  20. Mas Am@r ; banyak jenis antenna broadband yg bisa digunakan, contohnya seperti diatas, hanya saja gain jenis antenna diatas kecil (untuk 1bay).Kalaupun ingin gain yg lebih besar pergunakan lebih dari 1 bay,misal 3 bay, 4 bay dst..Kalau menginginkan antenna yg lebih baik, pergunakan antenna jenis panel..

    thanks

    BalasHapus
  21. Mas Ama@r ; Gain antenna akan bertambah kalau menggunakan lebih dari 1 bay

    BalasHapus
  22. mas,dapat skema antenanya sira?
    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  23. mas,udah saya coba skema swr,saya test relaynya berkerja ya (lampu led swr ke 10 hidup) pada hal saya masih test tanpa dir coupler?
    saya cek rangkaian tidak ada kesalahan.

    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  24. antenna sira belum saya gambar, antenna sira pakai 1/4 lamda mas..
    *untuk led no.10 saja atau total semua led nyala?kalau dir.coupler di pasang bagaimana hasilnya?led nyala semua atau led nomer berapa yg nyala?

    BalasHapus
  25. cuma led 10 aja yang nyala dan pasti relay pasti on dan terhubung ke dummy load (resistor 50 ohm) tidak ke input boster dan pastinya boster tidak berkerja karena tidak ada rf masuk ke input,
    minta dong skema pemasangan?

    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  26. waduh sudah ga ada tuh barangnya hehe...
    nanti deh saya cari, skema yang lebih gampang ya..

    BalasHapus
  27. ok ditunggu infonya..... mas kalau antena sira jarak kedua dipole 1 dan dipole 2 jika 98mhz berapa?

    BalasHapus
  28. mas cara tahu jika pemancar yang dirakit bandwide frekuensinya tidak melebar bagaimana,tanpa spektum analizer juga cara men tune agar tidak melebar? dan cara men tune pa rf juga low pas filter agar tidak nyepelet ke tv.......?

    salam radio komunitas fm,
    wito

    BalasHapus
  29. Siantar FM
    * sabar ya..untuk antenna, masih ada kerjaan yg menumpuk, ini saja sudah 4 hari baru dibuka hehe...
    * antenna sira anteara 2 dipole jaraknya lebih kurang 90cm

    Mas wito
    Pemancar biar tidak interferensi (nyeplet di TV) tentunya harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya :
    1. Local osilator (sebaiknya menggunakan sistim PLL)
    2. Local isolator di shielding dari plat alumunium atau sejenisnya
    3. Bagian akhir PA di pasang LPF maupun BPF.

    untuk mengecek frekuensi meleber atau tidak selain pakai spectrum bisa pakai frekuensi counter, di pasaran biasnya ada yg jual dg harga diatas 500rb s/d 900rb
    *cara men tune PA RF lebih baik diperhatikan di LPF, untuk LPF banyak jenisnya, untuk power kecil biasanya LPF terbuat dari C dan L, bagian C dan L ini yang harus diperhatikan, contohnya nilai dari L berapa H ataupun nilai C harus berapa PF, kalau mau mempergunakan ilmu perkiraan coba saja pakai capasitor jenis trimer biar bisa diubah-ubah nilainya, untuk L coba direnggangkan atau dirapatkan maupun banyak lilitan dan diameter lilitan, utak-atik disitu saja.
    * sebelum mentune PA sebaiknya menggunakan dumy load, jangan ke antenna, apabila bagian osilator,driver dan Final OK lanjutkan ke antenna, Antenna harus matching!

    MI

    BalasHapus
  30. Yupz.....betul beri LPF yg bagus di output TX. Matching Antena yg bagus akan mengurangi splet terhadap frekuensi lain (TV). Jangan menyerah tetap bereksperimen dan jangan lupa berdoa! Amin!

    BalasHapus
  31. mas,toil maksudnya kalau dilihat pakai frekuensi caunter (contoh: 98.0000 mhz atau 98.0034mhz) mana yang menandakan bandwide tidak melebar? 98.0000 atau 98.0034?
    salam
    wito

    BalasHapus
  32. mas saya udah coba pada frek 98 dan ajarak antar dipole 70cm namun tidak bisa maching,swr hanya bisa 1.1,8
    apa mungkin karena kedekatan jarak dipolenya ya?


    trims,
    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  33. * Mas Wito: kalau misalnya pemancar anda di frekuensi 98Mhz seharusnya memang kerjanya di 98Mhz.
    Setiap pemancar mempunyai lebar pta frekuensi atau biasa disebut bandwidth (BW), contohnya untuk pemancar TV mempunyai BW 8 Mhz, kalau untuk fm STEREO sebesar 15khz (berdasar dari FCC/Federal communications Commissions)tapi kebanyakan FM transmitter lebih dari itu tentunya ya hehe...
    jadi anda bisa hitung 98Mhz ditambahkan dengan 15 Khz untuk BW FM. Kalu 98.0034 di frekuensi counter anda ya sudah baiklah..Yang tidak melebar tentunya 98.00Mhz pas..tapi tidak mungkin bisa begitu, krena setiap frekuensi ada band width kerjanya..seperti tadi FM 15Khz..

    * Siantar FM: Jarak antar dipole antenna pasti ada pengaruhnya, anda bisa bikin dipole yang bisa digeser-gerser untuk memudahkan me' match' antenna anda..selain itu..konektor juga sangat berperan penting di swr anda..

    MI

    BalasHapus
  34. oh gitu ya mas toil,saya tidak memperhatikan ,kalau saya lihat di frekuensi caunter tertera 98.0034 yang saya perhatika hanya 98.00 dan dibelakang 00 tertera 34 saya abaikan,saya anggap frekuensi udah tepat berkerja di 98mhz gitu mas toil. jadi intinnya masih bisa diakalin tanpa spektrum analyzer masih bisa diketahui apakah bandwide pemancar kita pas atau tidak gitu mas toil ya...........
    karena saya ada membuat pemancar komunitas 50 watt. setelah dicek oleh balmon katanya melebar bandwide dan dikasih print out dari hasil cek monitoring spektrum analyzer,akhirnya kena peringatan yang isinya agar bandwide disesuaikan.......
    saya menggunakan pll veronika dan pa rf C1971 + C2630 kira-kira apa yang harus di setel agar bisa pada frekuensi caunter 98.0015mhz?



    salam ,
    wito

    BalasHapus
  35. Mas Wito; kalau anda dapat peringatan dari balmon ataupun KPI, sebaiknya anda memang harus pegang bukti scan chanel dari mereka, kalau mereka scan dg spectrum tentunya lebih akurat. salah satu cara selain pakai spectrum ya pakai frekuensi counter itu saja,
    Sebagai catatan juga baiknya anda mempelajari lagi band width untuk FM itu berapa,atau kalau mau tanya sama balmon saat itu, band width yg diijinkan berapa? buat bukti pegangan nanti.
    * Yang disetel biar bener2 pas frekuensi anda, banyak faktornya, Terutama kualitas dari oscilator atau exiter pemancar anda, salah satunya dengan menambahkan perangkat Band Pas Filter (BPF) jadi tidak akan mleber tuh frekuensi, selain dengan LPF. Selain itu bagian PA harus benar2 bagus, biasanya di osilator sudah bagus, tapi PA bermasalah, Kalau menurut saya setelah rangkaian osilator biasanya ada filter/LPF, bagian ini coba di benerin, kalau tidak ada LPF nya coba ditambahin sebelum masuk ke PA.
    sebagai catatan jangan salahkan antenna dan kabel anda dulu ya..saat mengecek pemancar anda sebaiknya di dumy load dulu. biar keliatan pastinya, jadi jangan langsung cek receive dari saat on air (lewat antenna), enaknya per tahan saat mengecek, OSC, Pre driver, Driver,Final,LPF
    baru antenna (cek kabel juga bila perlu)

    semoga membantu
    MI

    BalasHapus
  36. ya ada saya pegang prin outnya ada gambar grafik CP:98.000MHZ SP=1MHZ DAN KATANYA BANDWIDE MELEBAR 600KHZ DAN KATANYA SEHARUSNYA 400KHZ MAS.......

    SALAM
    WITO

    BalasHapus
  37. berarti kalau jarak 90 cm dibagi 2 jadi 45cm dan posisi conektor kabel persis di tengah (45cm) ya mas dan apakah bisa jika kabel dipasang dari luar? karena saya coba kabel dari luar mas....


    trims..
    siantarfm

    BalasHapus
  38. * Mas Wito ; menurut Keputusan menteri perhubungan nomer : km15 tahun 2003tentang ketentuan teknis (pasal 2)

    a.Rentang pita frekuensi radio yang digunakan adalah 87,5 – 108 MHz;

    b.Pengkanalan frekuensi yang digunakan adalah kelipatan 100 kHz

    c.Penyimpangan frekuensi (frequency deviation) maksimum adalah ± 75 kHz pada 100% modulasi

    d.Toleransi frekuensi pemancar (transmitter frequency tolerance) sesuai dengan Appendix Radio Regulation adalah sebesar 2000 Hz

    e.Level Spurious emisi minimum 60 dB di bawah level mean power

    f. Lebar pita (band width) untuk deviasi maksimum ± 75 kHz dan 100% modulasi maksimum 372 kHz

    g.Osilator (oscilator) harus mempunyai stabilitas frekuensi tengah (centre frequency stability) sebesar maksimum (+) 200 Hz dan maksimum (-) 200 Hz dari frekuensi tengah.
    Jadi kalau balmon ngomong 400Khz memang betel

    * Siantar Fm
    Betul untuk jarak lebih kurang 45cm, untuk kabel bisa di pasang diluar, meskipun sebaiknya didalam.

    MI

    BalasHapus
  39. mas,jadi agar kita tahu bahwa pemancar rakitan kita udah pas tunenya bagaimana cara nya kalau kita hanya punya alat swr dan frekuensi caunter aja mas.......? ada solusinya mas.....

    salam wito

    BalasHapus
  40. kalau panjang dipole 1 dan 2 antena sira broadband dari 87,5 ~ 104mhz kira2 berapa panjangnya mas....?

    mas tahu tdk mengapa tv global diacak gambarnya pada penerima parabola digital?

    ada solusinya tidak , agar tdak di acak lagi?

    siantarfm@rocketmail.com

    BalasHapus
  41. * Mas Wito ; Kalau pakai frekuensi counter memang kurang tepat, tapi bisa saja, caranya cek di frekuensi counter anda mulai frekuensi 98Mhz, kemudian ditambahkan +200Khz, ada harmonicnya tidak di frekuensi 98Mhz+200khz?? kemudian frekuensi 98Mhz dikrangi -200Khz, ada harmonicnya juga tdk?? kalau tidak ada oscilator TX FM anda sudah masuk standar KM 15 tahun 2003,

    * Antenna sira dengan frekuensi tersebut sama saja mas panjang antar dipole..
    Global TV memang sengaja di encryption atau dilakuakan pengacakan selama ada program sepak bola FIFA, untuk frekuensi down link tidak ada yang berubah. encryption mulai tgl. 14 s/d 28juni 2009

    BalasHapus
  42. ma,maksud saya panjang elemen dipolo 1 dan 2 jika saya mau antena bisa berkerja dalam rentang frekuensi 87,5 ~ 104 mhz,dan apakah harus pakai stup sambungan yang bisa dipanjang pendekan elemen dipolo 1 dan 2?
    juga panjang gama match dan bisa dibuat dari bahan plat (tebal....mm, lebar...mm, panjamg...mm?) ? atau bahan pejal (padu)?


    trims,

    siantarfm

    BalasHapus
  43. mas toiiiiiiiiiiil, apakah udah dapat skema antena sira ? udah tidak sabar mau merakit nihhh
    trims,
    siantarfm

    BalasHapus
  44. wah kalau skema yang asli beneran dari sira belum dapet mas..mesti mretelin dulu tuh di tower, kalau pingin bener-bener sama banget. Kalau mau browsing banyak kok di mbah google. biasanya orang menyebutnya antenna sierra. itu juga beda-beda dikit dengan asli antenna sira.
    nanti deh kalau pas ada yg turun tuh antenna saja jepret+ukurannya sekalian
    Harap maklum hehe..

    MI

    BalasHapus
  45. Wah Mas Toil, untuk membeli fm antena panel mah budgetnya gak nyukupin antenanya aja gede banget.
    towernya kl dipasang antena jenis itu bisa langsung ambruk. soalnya pakai tower triangle yg kl dipanjat sudah kaya manjat pohon yg cabangnya kecil. lentur bgt gitu.
    oh iya untuk harga fm antena panel sebenarnya kisaran berapa ya?
    kayaknya jarang yg pakai di daerah saya. cuma RRI doank.

    BalasHapus
  46. untuk harga fm antenna jenis panel bisa 10jt mas, tergantung typenya saja & merk

    MI

    BalasHapus
  47. MAs toil esih kemutan aku ra??? Kanca ngebrik mbien..
    Gimana kabar??
    Punya gambar plus rumus lengkap modif antena telex jadi FM ga? Kalo punya tolong kirim ke : muxien28@yahoo.com
    Ditunggu kirimanya..

    BalasHapus
  48. ooo mas pujo..
    ya masih inget yg dulu di fm ya?
    gambar nanti saya emailnya..berhubung jam 22:30 wib baru sampai dari daerah..heheee
    secepatnya saya email
    matursuwun sudah mampir ke blog saya
    MI

    BalasHapus
  49. Mas pujo,
    gambar sudah saya email ya..monggoh di pelajari..
    Pada dasarnya antenna telex (hy-gain type v-2R) adalah antenna collinear dengan polarisasi vertikal(omni directional), antenna ini 2x5/8 lamda..

    MI

    BalasHapus
  50. Om Toil, kira2 antenna yang sering dipake rekan2 di 2m band yang buat balapan, yang bentuknya seperti huruf X itu namanya antenna apa ya?? cari di internet ko belum nemu juga neh.

    Kira2 gmna perhitungannya. kan sepintas element reflector sama drivennya berbentuk kotak. kemudian element Directornya seperti huruf X. kira2 gmna kalo di aplikasikan rekan2 breaker di FM sekitar 81.00 MHz.

    Element directornya conect ke boom ga ya??

    Ada yang bilang gainnya paling bagus antenna tersebut yang sekarang ada. dari pada Yagi ( T Match, Gamma Match ).

    Barang kali punya sekemanya yang bagus Om..

    Matur nuwun.

    Denzo SBY

    BalasHapus
  51. Denzo..
    maaf baru jawab,
    Yang dipakai jenis multibeam, basic dari yagi atau Quad antenna. Untuk reflector memang berbentuk kotak (biasanya 2 reflektor) dan elemen direktornya seperti huruf "X". Kalau diaplikasikan atau diterapkan ke FM tentu saja bisa, akan tetapi perhitungan panjang elemen atau panjang gelombang berbeda pula.
    Untuk element director, driver atau reflector tidak terhubung dengan boom. Untuk Gain memang bagus (gain antenna relatif tergantung dari jumlah elemen)
    Kalau skemanya saya tdk punya, yg ada antenna skema yagi dg T-match dari cushcraft (untuk 144mhz.
    Matur suwun

    BalasHapus
  52. mas toil, apakah dipole gamma match bisa dipakai tanpa driven? (gamma + 1 elmen yg mnempel saja), kalau bisa... bagusan mana dengan dipole biasa?

    BalasHapus
  53. Gama match terdiri dari 2 elemen, ke dua eleman itu adalah satu kesatuan (ada elemen yg pendek + elemen yang panjang) itu tdk bisa dipisahkan
    kalau dibandingkan dengan dipole saya lebih milih ge gama match

    BalasHapus
  54. bos...saya baru pemula nih...saya mau buat rakom dikampung saya...ada anggaran 15jt kira2 alat yg dibutuhkan apa aja trims....

    BalasHapus
  55. Bos, Panji
    RAKOM (Radio Komunikasi) Radio komunikasi, apabila rakom yang anda maksud, rakom untuk komunikasi dua arah atau lebih yang perlu disiapkan adalah ;
    1. Transceiver (bisa merk icom,yaesu,kenwood,alinco dll dan banyak pilihan untuk power outnya)
    2. Antenna (bisa antenna omni directional/segala arah maupun antenna pengarah (yagi/multibeam)
    3. Tower antenna (bisa triangel atau menggunakan pipa besi biasa)
    3. Power supply (sesuai kebutuhan power dari transceiver)
    4. Kabel sebagai transmision line (RG8 atau model heliax)
    5. Call sign

    Dan apabila yg dimaksud rakom, Radio komunitas
    1. Perijinan (frekuensi yg diijinkan 107,7 s/d 107.9 Mhz)
    2. Pemancar (untuk radio komunitas sebesar 50Watt), Power supply sesuai kebutuhan
    3. Antenna (sebaiknya menggunakan model omni directional/segala arah)
    4. Audio Mixer / PC untuk memutar music program (lebih murahnya pakai DVD/VCD)
    dll

    Dengan biaya 15 jt sudah bisa (meskipun mepet)

    BalasHapus
  56. mas,
    jarak antena 4 bay omb single lebih dekat 3/4 atau lebih jauh diatas 3/4 mana lebih baik

    BalasHapus
  57. mas, saya ada coba antena circular single ring 4 bay dan dipasang di ketinggian 42 meter dengan jarak per bay 3 meter swr 1.1,1 power 200 watt.
    ada sedikit masalah dengan radiasi pancarannya masih ada skip2 ketika di bawa berjalan dengan radio hp untuk monitor 3 km dari pusat pemancar.
    yang ingin saya tanyakan :
    >>apakah jarak perbay lebih jauh lebih baik atau didekat kan menjadi 2 meter baik

    trims,
    yudi

    BalasHapus
  58. @ Jarak per bay antenna 4bay omb, pengaruhnya tidak begitu jauh, untuk membedakan mana yg lebih baik ini agak sulit, selama masih batas minimal 1/2 lamda, masih ok
    @ Untuk masalah ada skip saat monitor, banyak faktor, salah satunya terbatasnya daya dari pemancar, meskipun dengan pemancar 200 watt dengan dan antenna menggunakan 4 bay. antenna single ring dengan 4 bay untuk gain hanya sekitar 3dbd, dan kondisi lingkungan juga berpengaruh kenapa jarak 3km ada skip.

    Untuk jarak per bay 1/2 lamda atau 1 lamda.

    BalasHapus
  59. Salam Kenal Bang Toil,
    Saya buat antenna Sera pake ALumunium boom kotak 1",Element 3/4" pada freq 107.7Mhz panjang 1/4Lamda semua. Konektor pake breaket alumunium di luar tengah2 element1 dan elemet ke 2.
    Pita 1 dan 2 pake plat alumunium panjang 40cm.
    Saya match kan tidak bisa matching 1.1 saya coba lagi masih maximal swr 1.6. .
    Kesalahannya Terletak pada apa Bang Toil?
    Saya Ganti pake Gama Match kanan kiri juga tidak matching .Yang saya gunakan alumunium kualias bukan rak piring.
    Tolong Beri Penjelasan bang toil.
    Power supply utk 300watt kalau memakai trafo 20Ampre0-48v /0 -50v CUMA pake diode bridge+elco 68000uf/80v bagaimana bisa bagus nggak?

    Dari Edy-Sukoharjo-Jawa Tengah 57512

    BalasHapus
  60. Pak Edy, kalau pakai alumunium tube hasilnya bagaimana???
    matching antenna memang gampang gampang angel, apalagi bikinan teras depan rumah. tapi itu bisa diatasi dengan kesabaran dan kecermatan dalam pabrikasi/pembuatan antenna, sukur-sukur hasil potongan alumunium bener bener rata, diamplas. ini yang kadang ga bisa bikin match, selain itu koneksi di konektor (coba pakai konektor type N)

    Power supply 20 Amper 0-42Volt untuk beban 300Watt bisa bisa turun bero tuh pak power supplynya, digedein lagi pak..

    BalasHapus
  61. Trims Jawabann
    Power Supply utk MRF151g.
    Berhubung saya punya trafo20Amp 0-50V,makanya saya mau merakitnya. Kalo pake DIoda dan Elco Hasilnya gimana mas toil ? Saranya bgmna ?
    Saya pernh coba pake 2n3773 ,7824,dikasi dioda zener ,tetapi dioda zenernya tau2 kebakar.

    BalasHapus
  62. Mas Toil,
    Saya minta skema SWR Protector,Print Out PCBnya,Directional Coupler ,supaya MRF151g saya aman,tolong kirim lwt email ya bang toil.
    suarasakri@yahoo.com

    Maturnuwun Mas Toil

    BalasHapus
  63. Coba mas bikin yg regulatornya yg bisa adjustable, jg yg pakai IC jenis LM78XX. lebih manteb buat drive power power besar. soal dioda zener terbakar mungkin limit dari dioda zener tersebut over limit dari batas tegangan dioda tersebut, jd terbakar

    Untuk SWR protect lagi dicari nih dari pemancar merk BE, sabar ya..

    BalasHapus
  64. Mas Toil
    Tolong aku minta skemanya tu powersupply drpada ni trafo mubadirr ya krn mau beli switching belum ada duit nihh,Da saya tunggu kirimannya skemanya dan pcbnya, SWR Protect ,Directional coupler utk mrf151g,
    Software utk buat antenna pengarah 174mhz dan UHF yg bgus di alamat apa mas,utk literatur saya krn saya suka file2 yg berhubungan dgn radio pemancar fm antena

    Matur nuwun mas toil.
    Sy tunggu di email

    BalasHapus
  65. silahkan cek email mas,,kekurangannya nyusul ya..
    matursuwun

    BalasHapus
  66. Matur nuwun mas toil,
    sampun kulo cek email kulo,kulo tenggo kiriman power supply 48vdc pake trafo 20amp 0-50volt,swr protek dan pcb layout,LPF utk MRF151g,kulo tenggo nggih mas toil,mas nyambut damel wonten pundi wonten station tv napa radio kok alat2ne sae2 bgt.
    Site master S331D 2nd harga 95jt ya mas,kok ada yg 10-15 jtan site master type yang mana ya mas ?.

    BalasHapus
  67. Mas Site Master S331D merk Anritsu ga sampai 95jt, Yang baru 50jt sudah dapet. Kalau 95jt harga bekas merk Rohde&Schwarz tambahin 20jt-an lagi sudah dapet spectrum analyzer baru..atau malah dapet mobil baru hehehee
    Kalau soal gawean saya nguli di jantung ibukota mas,,yg ada gambarnya hehehee.
    Kalau ngeblog disini, buat seneng2 saja,,mbok nyumbang tulisan disini mas,,biar ada tambahan, biar rame nih tulisan, bagi bagi ilmune..

    BalasHapus
  68. bagaimana cara menentukan panjang coax jumper dari exitter ke PA, apa ada rumusnya, mohon pencerahan.

    Thanks
    Masse

    BalasHapus
  69. MAS TOIL, BAGAIMANA CARA MENENTUKAN BAHWASANYA IMPENDANSI OUT PUT POWER AMP RF KITA 50 OHM, MOHON PENCERAHAN.SUPAYA NANTINYA SAMA DENGAN ANTENA YANG KATANYA HARUS 50 OHM UNTUK PEMANCAR FM
    TRIMA KASIH

    BalasHapus
  70. #Cara menentukan atau membuat coaxial jumper dari exiter ke PA bisa 1lamda atau 1/2lamda bahkan 1/4 lamda. caranya (misal dengan 1 lamda)
    1 lamda dibagi frekuensi kerja dari pemancar dikalikan velocity vaktor dari jenis dan type kabel tersebut (1lamda x f(Mhz) x v.vaktor)

    #Impedansi untuk transmiter memang di butuhkan 50 ohm, baik pemancar radio atau tv. di dalam pemancar fm yang simple untuk membuat impedansi paling tidak ada capasitor dan lilitan (ini rangkaian sederhananya) bagian inilah yg mesti diutak atik supaya jadi 50ohm..coba lihat rangkaian di dathaseetcatalog.com disitu banyak contohnya

    BalasHapus
  71. ari

    om... untuk cara menentukan kabel jumper itu gmn, tolong d luruskan... kok tulisan sm rumusnya beda. yg bener di kali apa d bagi om....
    bingung ni om.... hehehe :)

    BalasHapus
  72. OM Toil, misalkan saya punya antenna omb sierra 4 bay, kira2 yang bagus menggunakan PD 1 input 4 output atau dengan 2 buah PD 1 input 2 output.

    kemudian misalkan pake PD 1 input 4 output. yang paling bagus menurut Om TOil, apakah panjangnya kabel jumper itu harus sama. dan berapa panjang kabel yang bagus.

    itu jika menggunakan PD, kemudian jika 4 antenna di gabung dengan menggunakan T Connector, setau saya bisa untuk 2 antenna. Tapi kalo menurut perkiraan saya bisa dengan alasan seperti yang dijelasin Pak yahsun di sini.

    http://txfm.blogspot.com/2008/09/t-match-for-fm-antenna.html

    dengan impedance transformer dari 50 Ohm (antenna)ke 100 Ohm menggunakan Kabel 75 Ohm. kemudian ketemu di T connector menjadi 50 Ohm lagi (dua buah antenna sudah gabung), 2 antenna yang lain juga digabung dengan cara yang sama.

    Kemudian dari masing masing dua buah antenna yang sudah gabung (masing2 sudah 50 Ohm di T connector) tadi di naikkan impedansinya dengan impedance transformer 75 Ohm menjadi 100 Ohm, dan ketemu di T connector lagi menjadi 50 Ohm. dan menuju Ke TX. jadi pake 3 buah T connector dan kabel jumper (Impedance transformernya) menggunakan 75 Ohm, dengan panjang kabel jumper kelipatan ganjil 1/4 WL.

    Kira kira bisa ga Ohm. dengan cara seperti itu sistem penggabungan 4 buah antenna . Kalo 2 buah saya sudah coba dan hasilnya OK. Klo 4 buah yang blm pernah.


    Dari pada bikin PD lebih rumit.

    BalasHapus
  73. gmn cara tuning antena omb 4 bay biar matc,,,trus brp watt bgusx test tuning,,,,krn q pake xctr 5 watt,,,tp reflectx 0,03 watt

    BalasHapus
  74. ^^^ silahkan cek gambar diatas lagi,,asli power devider/splitter dari sira,,tertera ukurannya

    BalasHapus
  75. om, boleh kan klu minta cara bikin antena 3x 5/8lamda untuk 2m band ? pembahasannya klu dapat sampai tuntas. trim's

    BalasHapus
  76. Om..boleh minta no contak nya..

    BalasHapus
  77. om..minta penjelasan nya kirim ke email algyfarireyhan@gmail.com ya

    daya pancar tx 1000wat,frek 93,4 antena DOUBLE RING,PD 4bay,jumper 7 meter .jarak perbay nya berapa meter? kalau misalkan 1 meter bisa gaK.karena tower nya pendek
    .terima kasih om di tunggu ya

    BalasHapus
  78. halo...
    permisi mau tanya..1)ada yang tau tentang antena blade? 2)kenapa klo saya bikin desain antena menggunakan simulasi hfss dengan antena realnya selalu berbeda jauh hasilnya?apa saya yang salah memasukkan parameter ketika simulasi?ada yang punya pengalaman yang sama?

    BalasHapus
  79. permisi
    maaf apa pnya rangkaian metering ? monitoring untuk pa tv ? untuk 1500 watt ? 085770405452

    BalasHapus
  80. Salam hormat
    Saya pakai fm 300w dan anten telex. Hasil sdh lumayan. Bagus cuma kadang daerah tertentu ada yg kesulitan
    Unt itu sy ganti dng omb single ring 4way.
    Yg ingin sy tanyakan bgmn pemasangan omb single ring 4 way posisi dng hasil terbaik. Trimakasih.

    BalasHapus

ngomentar