Laman

Entri Populer

04 Desember 2010

Instalasi Comet Antenna CA-285




Tes lagi antenna dari Comet, kali ini seri CA-285. pemakainnya untuk jalan-jalan nih antenna. bisa disapang di mobil atau motor roda 2..roda 3 bajai dong..bukan bajai 2 roda 2 itu ya..
Seperti biasa langsung hajar lihat di foto (sory kurang jelas lagi,,terik matahari membuat ga jelas heheheee)

hasil VSWR untuk frekuensi 141 Mhz s/d 147 Mhz adalah <1,2.. saatnya saya bilang SEMPOA....

sedangkan VSWR terbaik di frekuensi 146 Mhz dengan nilai 1,0031.
manteb untuk antenna ini,,harga sesuai dengan hasilnya. dua jempol buat antenna comet CA-285.
Note: untuk matching antenna ini caranya,,kendorin du baut (baut bintang/dengan kunci L) tarik whip sampai batas baut teratas dan kencangkan, sedangkan baut yg bawah kencangi saja, soalnya baut bawahnya tidak terpakai untuk mengencangkan whip. tidak terpakai,,whip sudah tertarik keatas, untuk mengejar frekuensi respon rata atau VSWR di bawah 1,2.

Pemasangan antenna ini ada dikap depan mobil sebelah kanan, dan pemasangannya dengan sudut 45derajat (hasil terbaik pada sudut ini)

semoga bermanfaat, meskipun seadanya..

Special for om Budim,,

9 komentar:

  1. salam kenal om,,,,mantap2 nih info nya...

    BalasHapus
  2. om saya tertarik beli ca285 harga berapa ya yg asli comet tentunya?apa bisa buat repeateran frek TX 147.280 apakah masih efektif sebelumnnya saya pake antena nr88L kalo ada review ya 88L nya buat repeateran di frek 147mhz dan dup -300 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana gan bisa nga di pakai untuk reapiteran ni antena masalahx aku mau buat sama kaya spean juga,mohon di balas

      Hapus
  3. tabek juga dah...
    @ imsantoso, salam kenal juga..
    @ Agung.. harga pasaran CA-285 sekitar 150rb, untuk nr88L belum pernah coba om...

    BalasHapus
  4. ane pernah nyoba om tuh antena ca 285 di pasang di talang air mobil hasilnya muantaf jarak mobil sedang stasioner mampu mancar sampai di kejauhan 100 km. tapi sayang karna tehnik yg om jabarkan di atas alhasil saat di swr ulang ternyata merah om di semua frekuensi akhirnya ane buah tuh antena jadi kiloan dan sekarang ane pake larsen lokal aja ngambil amannya.

    BalasHapus
  5. Wahh.... sayang2 deh punya alat sebagus itu cuman buat setting antenna agar broadband (yg jelas2 beda dengan tujuan si perancang dan pasti akan turun perfomance-nya). Kalau pinginnya cuman broadband, kenapa ga pasangin aja ujungnya ma dummy-load......

    BalasHapus
  6. Saya briker pemula...radio saya yaesu ft2900 antena pakai diamond NR22LH di tengah" batang antena nya ada lilitan nya..kira" cocok ga untuk radio saya antena saya taruh di bumper depan vertikal 90'..mohon pencerahan..rakom saya gunakan untuk komnikasi di daerah kerja saya di pegunungan..pake hp susah sinyal

    BalasHapus
  7. saya ada beli antena CA 285L,sama teman saya,ternyata antenna ini nangkapnya cuma di jalur 145...gitu,mohon bantuanya kalau ada yg tau cara ngerubahnya,masalahx mau saya pake untuk repiteran...

    BalasHapus

ngomentar