Laman

Entri Populer

18 April 2009

Icom IC-2200H



Review ICOM IC-2200H

Saya memiliki RIG ICOM IC-2200H Rig satu-satunya selain HT yang saya miliki

(Gambar disamping FM Tranceiver IC-22ooH beserta power supply ATX merk epro)

Review RIG Icom ini sudah direview di blog tetangga juga, cuma mau nambahin saja waktu pemakaiannya

Range Frekwensi

Frekwensi yang ter-cover oleh radio ini adalah TX: 136.000 - 174.000 MHz, dan RX: 118.000 - 174.000 Mhz

Power Output

- Low Power (5 Watt) - Kosumsi Arus 5A
- Middle Low (10 Watt) - Kosumsi Arus 6A
- Middle-high (25 Watt) - Kosumsi Arus 10A
- High (65 Watt) - Kosumsi Arus 15A
Akan tetapi terkadang power tidak sesuai diatas,hal tersebut banyak dipengaruhi berbagai macam faktor.

Receiver

RIG IC-2200H ini sangat memuaskan buat saya, baik dalam kepekaan maupun toleransi terhadap spletteran.Hal ini saya bandingkan dengan pesawat lain yang dimiliki temen-temen breker di kampung saya.Kadang iseng-iseng monitor di frekuensi 120.900Mhz (coba deh di monitor tuh frekuensi ada apa...)

RF Attenuator

Mungkin yang sedikit membedakan dengan radio di kelasnya, adalah bahwa IC-2200H ini mempunyai fungsi RF attenuator yang tergabung dalam tombol squelch.(RF atteunator ini sampai )10db fungsinyauntuk meredam spleteran atau distorsi dari pemancar lain

Audio

Untuk audio mungkin lebih treble/midle lebih tepatnya,mungkin ini sudah khasnya icom ya??

Pengoperasian Fungsi

Semua pengaturan fungsi dapat dilakukan dari hand mic standart (HM-133V) dengan mudah. ataupun langsung dari tombol-tombol yang ada di RIG tersebut.

Memory

Memory yang disediakan sangat banyak, yaitu 200 memory.

secara umum saya puas memiliki IC 2200 H, saya beli waktu itu seharga 1,5jt, sekarang diatas 1,8jt

Sebagai catatatn saja;
lebih baik untuk power supply diatas 20A, selama ini saya memakai trafo 20A, masih saja drop,masih ada humming,tapi diatas 20A ok

Untuk kekurangan dari RIG ini menurut saya cepet panas, jadi mesti siap-siap ada kipas tuh
disamping itu, mau saya besarkan power outputnya,waduh belum ketemu mesti dimana di adjustmennya,soalnnya trimer yang biasanya ada untuk trim power tidak ada ya,padahal untuk power amplifier ini bisa mencapai 75Watt!!

Roger!!

13 komentar:

  1. Mas apa radionya bisa buat monitor pesawat dan ATC ?

    BalasHapus
  2. Bisa Banget!
    contohnya anda bisa monitor di frekuensi 120.090 Mhz untuk ATC Jogja dll..

    Thanks

    BalasHapus
  3. Berarti IC 2200 H bisa memonitor (RX) full 118-136.975 MHz. Kira2 berapa jauh maksimum dari ATC ? Apa harus line of sight atau tetap bisa walau terhalang bukit ? Trims.

    BalasHapus
  4. IC-2200H bisa untuk memonitor di frekuensi 118.000 - 174.000 Mhz, Untuk monitor ATC sebaiknya memang LOS (line of sight) akan tetapi tidak LOS pun bisa, seperti yang saya lakukan pada saat itu, posisi saya di Gombong,Jateng bisa monitor ATC yg di Jakarta..mungkin saat itu sedang kebeneran.Apalagi ATC yg di Jogja. Full saya bisa monitor.ketinggian atenna saat itu 13m.

    BalasHapus
  5. Mas Toil, apakah freq 118.000-174.000 bisa memonitor segala aktifitas dikota tersebut ? Misalnya pelabuhan, polisi (polda, polres, polsek, lantas), BMG, dll. ?

    BalasHapus
  6. Tergantung frekuensi kerja polda,polres,polsek dll di frekuensi berapa dulu, kalau di frekuensi 118Mhz-174Mhz(VHF) tentu sangat bisa kita monitor.Akan tetapi kalau mereka bermain di frekuensi di luar frekuensi yg saya sebutkan tadi tentu kita tdk bisa memonitornya.

    BalasHapus
  7. LOW POWER Sampai brapa Km pak?

    BalasHapus
  8. low power 5watt sekitar 40-50km (waktu jarak segitu antenna menggunakan telex/gazden atau spt model hy-gain v2r dg ketinggian antenna 12m dari tanah. tentunya tergantung lokasi,,semakin bagus bisa semakin jauh

    BalasHapus
  9. Radio icom 2200 kok ngk bsa dngr kjauhan ya solusix gmna

    BalasHapus
  10. Radio saya ic 2200h warna hitam tapi tidak bisa ke frekwensi 122.300 kenapa ya om

    BalasHapus
  11. Selamat sore rasio icom saya ic2200h jika tx pertama arus bagus lalu turun. Dan kemudian turun lagi. Itu apanya ya

    BalasHapus
  12. mohon pencerahan para master,2200 saya sql nya kok gak bisa tebal kenapa ya gan? istilah orang buat ngrekep sinyal pengaruhnya sedikit banget.tmksh sebelumnya

    BalasHapus
  13. RIG Icom IC 2200h, test power Watt saat transmit tidak ada jarum pengukur tidak begerak.. kenapa ya Om.. maaf pemula 😁

    BalasHapus

ngomentar